Labels

Kamis, 16 Mei 2013

Software Komersial dan Open Source

 Software komersial
a.      Ex Libris Alma
Nama software : Alma
Website : www.alma.com
Mendukung semua kegiatan manajemen perpustakaan seperti seleksi, akuisisi, manajemen meta-data, digitalisasi dan pemenuhan kebutuhan bahan pustaka terlepas dari format maupun lokasi. Alma menyediakan system pelayanan yang menggunakan alur kerja terpadu dan kemampuan analisis untuk merampingkan dan menyederhanakan system alur kerja.
Ditawarkan guna meningkatkan laba atas investasi dan mengurangi biaya infrastruktur perpustakaan, dan menyedeiakan jasa pelayanan akses data bersama-sama.Menggunakan platform terbuka, berbasis web, open interface, dapat diintegrasikan dengan system lain termasuk system eksternal kampus dan perpustakaan dapat mengembangkan adapter dan plug-in untuk memebuhi kebutuhan khusus mereka.
Penggunanya sendiri kebanyakan dari universitas luar negeri, ditunjukkan dengan adanya The Alma Customer Story Series yang di update tiap satu bulan sekali.

b.      BRA advance
Nama software : BRA advance
Website : www.braadvance.com  
BRA advance adalah software perpustakaan yang bersifat komersial yang dapat digunakan untuk mengelola hampir semua jenis koleksi bahan pustaka secara terintegrasi. Software ini dikembangkan oleh Tim TLSS. Design system IBRA antara lain WEB Base programing, Sistem client-server, dapat berjalan di semua sistem operasi, Sistem Barcode, dan Tampilan yang user-friendly.

c.       Athenaeum Pro
Nama software : Athenaeum Pro
Website : www.athenaeumpro.com 
Athenaeum Pro adalah software perpustakaan yang dirancang untuk sekolah dan organisasi. Kelebihan software ini adalah manajemen katalog, utilitas analisis, kontrol sirkulasi yang kuat dengan mengesampingkan opsional untuk administrasi, serta analisis peminjaman dan item katalog.  Software ini dibuat dengan FileMaker Pro 8,5 dan dapat berjalan diatas platform Macintosh OS X 10.3.9, Windows 2000 dan Windows XP.

Software berbasis Open Source
a.      Senayan
Nama software : Senayan
Website : www.senayan.go.id 
Senayan adalah otomasi perpustakaan (Library automation) yang bersifat opensource (OSS) dan berbasis web. Aplikasi ini di kembangkan diatas platform GNU/Linux. Kelebihan dari aplikasi ini adalah mudah di instal dan multiplatform yang artinya aplikasi ini dapat berjalan hampir di semua sistem operasi. Awalnya aplikasi ini diprakarsai oleh Pepustakaan Depdiknas dan sampai sekarang terus mengalami perkembangan.

b.      ILS System
Nama Software : ILS LearningAccess
ILS LearningAccess adalah system perpustakaan berbasis standar, terintegrasi dan open source. Software ini dibuat agar perpustakaan berskala kecil menengah mendapatkan akses ke perpustakaan yang terotomasi, namun dengan biaya yang terjangkau. Cocok bagi perpustakaan yang mempunyai dana terbata
Fitur yang ditawarkan antara lain:
·         Mengatur koleksi perpustakaan
·         Mengintegrasikan dan mengontrol akses ke data base pihak ketiga.
·         Mendirikan portal perpustakaan dengan mudah.
Komponen dari software ini terdapat 4 antara lain: model pelindung atau pengguna (Web OPAC), modul catalog, modul sirkulasi, modul administrasi, web OPAC sendiri mendukung multi bahasa yang terus ditambah setiap rilis.

c.       Greenstone
Nama Software : Greenstone digital library software
Dikembangkan oleh proyek perpustakaan digital selandia baru di universitas wakaito dan dikembangkan serta didistribusikan bekerja sama dengan UNESCO dan NGO Human Info. Perangkat lunak yang multi bahasa  lebih lengkap dan diharapkan ada developer yang melengkapinya.
Tujuan dari software greenstone ini adalah untuk memberdayakan pengguna khususnya di universitas, perpustakaan, dan juga lembaga-lembaga pelayanan public untuk membangun perpustakaan sendiri.
Selain fitur standar dari sebuah software perpustakaan, greenstone bisa berjalan di berbagai platform, seperti windows, Unix/Linux, Mac OS-X, namun penginstalan termudah ada pada windows, karena tidak ada konfigurasi tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar