Labels

Kamis, 16 Mei 2013

Media Jejaring Sosial

A.    Pengertian Media Jejaring Sosial
Media jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses media jejaring sosial, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.

B.     Sejarah Media Jejaring Sosial
Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.

C.     Macam-macam Media  Jejaring Sosial
1.      Facebook
 
Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang yang memberi kemudahan bagi penggunanya untuk menjalin pertemanan satu sama lain dimana para penggunanya dapat berkomunikasi dengan siapapun dalam jangka waktu bersamaan bahkan pengguna situs ini dapat bertemu kembali dengan teman masa lalunya.
Facebook pertama kali diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Pada awalnya, facebook dengan situs www.facebook.com yang sebelumnya bernama thefacebook dengan situs www.thefacebook.com digunakan untuk komunikasi antar mahasiswa Universitas Harvard. Namun setelah beberapa waktu, target pengguna adalah seluruh mahasiswa dan masyarakat umum.
Facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Kelebihan dari Facebook :
·         Memiliki fasilitas tag foto, dan dapat menyimpan foto dalam beberapa album dengan kapasitas yang besar
·         Memiliki fasilitas chat, pengguna dapat melakukan chat secara langsung dengan temannya yang sedang online. Juga tedapat fitur terbaru yakni video chat.
·         Proses request friend yang tidak sulit, dsb.
Kekurangan dari Facebook :
·         Banyaknya aplikasi yang dipasang di facebook terkadang membuat aksesnya menjadi semakin lambat
·         Facebook acap kali menimbulkan berbagai kasus, diantaranya melakukan pelecehan melaui status, menghina lewat comment

2.      Twitter
Twitter adalah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets).  Informasi panjang maksimum 140 karakter.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet". Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Kelebihan dari Twitter :
·         mampu menyita banyak member
·         jika ingin menambah teman cukup melakukan 'follow' dan tidak perlu disetujui oleh orang yang kita 'follow'
·         dapat lebih mudah mengganti status dengan sekali tombol 'tweet'.
Kekurangan dari Twitter :
·         karekter yang digunakan sangat sedikit (pada kolom tweet) dibatasi hanya 140 karakter
·         tidak tersedia fitur chatting sehingga tidak tahu siapa saja waktu itu yang sedang online.
·         untuk upload gambar dibatasi hanya 1 MB

3.      Friendster 
Friendster adalah sebuah situs untuk melihat seluruh orang secara manual, dimana di situs itu berguna untuk melihat melihat teman-teman seperkenalan kita, baik yang pernah bertemu atau tidak. Friendster itu juga bisa meletakkan profile ( bioadata, fhoto, dsb).
Media ini dibuat sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams. Friendster ide penamaannya berasal dari nama Napster. Situs web jaringan sosial ini seorang pengguna akan membuat identitas mayanya dan kemudian mengisi data diri untuk mendapatkan account di Friendster.
                   Kelebihan dari Friendster :
·         friendster merupakan situs jejaring sosial pertama
·         digunakan untuk mencari teman sebanyak banyaknya, untuk melakukan iklan dan juga jasa
                   Kekurangan dari Friendster :
·  tidak menyediakan fitur chatting 
-   untuk melakukan add sangatlah rumit
- menggunakan friendster merupakan cara lama, karena sudah dikatakan jadul dan peminatnya sudah sangat berkurang.
4.      Myspace
Myspace adalah situs jejaring sosial yang memiliki jaringan terbesar di dunia. Dengan adanya myspace, dapat mempromosikan hasil-hasil musik kita ke seluruh dunia.
Ide awal dari myspace setelah peluncuran friendster pada tahun 2002. Proyek besar tersebut diawasi langsung oleh Brad Greenspan (selaku pendiri, ketua, CEO eUniverse). Myspace diluncurkan pada Agustus 2003, dan mulai populer di Amerika Serikan pada bulan Juni, 2006. Pengguna pertama myspace adalah pegawai dari eUniverse itu sendiri.
Kelebihan dari MySpace :
·         tampilan sederhana (seting minimal)
·         posting mudah, diberikan pula preview terlebih dahulu
·         akses cepat dlm semua hal, seperti posting, opening menu, editing, etc.
Kekurangan dari MySpace :
·         kode html, javascript tidak dapat bekerja
·          tampilan default terasa kaku, ini bisa diatasi dengan upload template, background, dsb.
·         banyak spam

5.      Google+
Google+ adalah sebuah jejaring sosial yang diluncurkan oleh sang raksasa internet Google. Untuk fitur dan layanan Google+ hampir sama dengan jejaring sosial yang sekarang mendominasi pertemanan di dunia maya.
Proyek yang dimulai Maret 2010 ini baru dapat diuji coba secara internal pada bulan Oktober 2010. Google+ merupakan proyek jejaring sosial Google dengan nama sandi “Emerald Sea”. Proyek ini berawal dari pernyataan Urs Holzle, Google Head of Operations, salah satu dari 10 karyawan pertama Google, bahwa agar bisa terus sukses maka Google harus menemukan dan menjalankan strategi sosial mereka termasuk produk dan layanannya.
Kelebihan dari Google+ :
·         Status yang kita buat bisa diatur apakah itu tidak boleh dishare kembali atau tidak boleh dikomentari.
·         Mode huruf beragam
·         Ringan saat mengaksesnya
Kekurangan dari Google+ :
·         Streaming Posts diorganisir oleh aktivitas, tidak berdasarkan urutan kronologis
·         Pengindeksan Google posting publik terlalu umum
·         Pemberitahuan di Google + cepat membanjiri.

6.      You Tube
YouTube merupakan salah satu penyedia layanan video terbesar saat ini, YouTube juga media untuk upload secara gratis.
YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh Chad Hurley, Steve Chen, Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal. Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim belajar Ilmu Komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno,California. Video pertama di YouTube berjudul Me at the zoo, video ini diunggah pada tanggal 23 April 2005. Pada November 2006 YouTube resmi dibeli oleh Google dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google. 
Kelebihan dari Youtube :
·         bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
·         sebagai ajang promosi diri
·         bisa mendownload setiap video
·         bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
Kekurangan dari Youtube :
·         bisa disalahgunakan penggunanya
·         banyak negara yang memblok Youtube
·         banyak video dengan kualitas buruk

7.      Blog
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Kelebihan dari Blog :
·         Dapat memposting melalui E-mail dan MMS di Hp
·         Bisa upload gambar dan video
·         Dapat membuat komunitas
Kekurangan dari Blog :
·         Tampilan dashbor sangat sederhana
·         Template bawaan sangat sedikit
·         Tidak ada tombol reply bawaan pada komentar (sehingga harus edit CSS atau HTML)

8.      Hi5
Hi5 merupakan salah satu situs jejaring sosial, pengguna dapat membuat online profile untuk menunjukkan informasi seperti umur, minat, dan kota asal serta dapat memasang foto  si  pengguna  yang  dapat  dikomentari  oleh  pengguna  lainnya. Pengguna juga dapat memasang aplikasi music  player di bagian profil untuk membuat profil seseorang terlihat lebih menarik.
Hi5 berdiri pada tahun 2003 oleh Ramu Yamalanchi. Hingga Januari 2009, Hi5 mengklaim sudah memiliki lebih dari 60 juga member aktif.
Kelebihan dari Hi5 :
·         aksesnya gratis
·         memiliki aplikasi atau situs terkait yaitu parahi5.com yang menyediakan akses untuk mengunduh gambar, konten, ataupun gambar depan (wallpaper) secara gratis
·         pengguna juga dapat melengkapi profilnya dengan latar belakang musik
Kekurangan dari Hi5 :
·         situs sosial Web 2.0 yang terbatas
·         sering mengirimkan kotak sampah (spam) dalam surel (email) penggunanya, khususnya bagi pengguna surel Gmail jika kita tidak berhati-hati dalam proses pendaftaran.

9.      Tumblr.
Tumblr adalah sebuah layanan tumblelog gratis yang mengizinkan penggunanya untuk memposting tidak hanya tulisan, tetapi juga mengizinkan penggunanya untuk memposting foto, quote, video, chat, audio, dan link.
Pada tahun 2007, seorang pengusaha internet muda yang bernama David Karp telah menciptakan Tumblr. Dia menciptakan tumblr di Jepang pada saat dia berumur 19 tahun. kemudian setelah menciptakan tumblr tersebut, dia juga menemukan sebuah kata baru yang akan digunakan pada layanan tumblr yaitu "Tumblelog". Tumblr diluncurkan pada tanggal 1 November dan versi beta telah diluncurkan beberapa bulan sebelumnya.
Kelebihan dari Tumblr :
·         dapat memposting melalui panel control yang memiliki tombol untuk berbagai jenis posting (teks, video, audio, foto, link, quote dan chat)
·         dapat melakukan re-blog yang artinya mendiskusikan postingan dari blog orang lain
·         dapat melakukan updates status pada situs jejaring sosial melalui tumblr
Kekurangan dari Tumblr :
·         Foto yang telah di posting ke dalam tumblr juga tidak dapat diberi komentar oleh pengguna dan para pengguna tumblr lainnya
·         pengguna tumblr hanya dapat memposting satu kalimat singkat saja

10.  Skype
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice). Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.
Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennstrom dan Janus Friis. Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.
            Kelebihan dari Skype :
·         Komunikasi global dan lokal yang lebih ekonomis melalui suara atau konferensi video
·         Penggunaannya yang mudah
·         Kualitas suara yang lebih baik dibandingakan VoIP pendahulunya
Kekurangan dari Skype :
·         Kapasitas yang besar, memakan 23MB kapasitas harddisk ketika dipasang
·         Skype tidak dapat digunakan untuk panggilan darurat.

D.    Manfaat Media Jejaring Sosial
1.   Menjadikan Orang Lebih Percaya Diri
Sebuah penelitian di Inggris membuktikan. Para pengguna jejaring sosial itu memiliki tingkat kepercaya dirian yang lebih tinggi daripada yang tidak.
2.   Mempermudah Komunikasi
Jejaring sosial itu adalah tempat untuk berkomunikasi melalui sebuah media yang bernama internet.
3.   Mempermudah Menyampaikan Informasi
Penyampaian informasi menjadi mudah karena dengan adanya jejaring sosial yang berbasis internet seperti sekarang ini.
4.   Bisa Mempelajari Bahasa Asing
Jeraring sosial bersifat internasional dan bahasa Internasional itu adalah Bahasa Inggris. Dengan menggunakan jejaring sosial itu kita secara tidak langsung akan mempelajari bahasa asing.
5.      Bisa Berekspresi Sebebas-bebasnya
Memiliki  hak dan kewajiban untuk menyampaikan pendapat secara sopan dan berekspresi dengan sopan dan bertanggung jawab

E.     Dampak Media Jejaring Sosial
Media jejaring sosial memiliki dampak yang dapat dirasakan oleh penggunanya, yaitu dampak positif dan dampak negatif.
Dampak positif situs jejaring sosial antara lain :
·        Kebebasan berkomunikasi
·        Memperluas jaringan pertemanan
·        Mempererat tali kekeluargaan
·        Memudahkan pencarian orang / teman
·        Sarana berdiskusi
·        Promosi (bisnis dan lainnya)
·        Pendidikan
·        Peluang usaha sampingan (online shopping)
Dampak negatif situs jejaring sosial antara lain :
·         Membuat kecanduan
·         Membuat lupa waktu sehingga melalaikan hal lain yang lebih penting (seperti pekerjaan, keluarga, dan sebagainya)
·         Pemborosan (biasanya terjadi pada pengguna internet dari handphone)
·         Pemanfaatan untuk kegiatan negatif yang bisa berujung pada penipuan atau tindakan kriminal lainnya
·         Tergantikannya kehidupan sosial yang sebenarnya / anti sosial
·         Bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pornografi oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab

0 komentar:

Posting Komentar